Kaligrafi Jimat Yang Membahayakan Aqidah

Kaligrafi Jimat Yang Membahayakan Aqidah

Penjelasan Tentang “KALIGRAFI JIMAT” Ditulis oleh salah satu anggota Dewan Syuro ARSYI

Qithmir BUKAN Kaligrafi Biasa. Ini adalah sepiring “mendoan” plus “lombok cengis” untuk lik Cungkring. Sebelum lilike menikmati suguhane inyong, jangan lupa baca “Bismillah” dulu agar melek dan objektif. 

Masih inget ya ? Gara-gara kaligrafi ini ente tuduh inyong dan kawan-kawan sebagai peruqyah TAKFIRI nan konyol ??

Sekarang inyong tidak mau ribut-ribut soal itu, inyong hanya mau sedikit sharing tentang kaligrafi yg tidak biasa ini hingga kami hancurkan.

Lihat yg paling menonjol pada kaligrafi.. di tengahnya ada lingkaran bertuliskan besar-besar : “QITHMIR”

Ngerti ngga lik Qithmir itu apa?

Yg jelas bukan nama cemilan lik, Qithmir adalah nama yg diklaim sebagai nama ANJING peliharaannya ashabul kahfi.

Di sekitarnya ada nama-nama ‘ajamiy (non-Arab) seperti :
Tamlikha, Maksalmina, Martinus, Kastunus, Bairunus, Danimus, dan Yathbunus.

Di dalam Hasyiyah Ash-Showi dan juga kitab Khozinatul Asror, dijelaskan suatu KHASIAT KHUSUS dari nama-nama Ashabul Kahfi.

قال بعضهم علموا اولادكم اسماء اهل الكهف فانها لو كتبت على باب دار لم تحرق وعلى متاع لم يسرق وعلى مركب لم تغرق

Sebagian ulama’ berkata, “Ajarilah anak cucu kalian nama-nama ashabul kahfi, karena jika nama-nama tersebut ditulis diatas pintu rumah maka akan selamat dari kebakaran, jika ditulis pada harta benda maka akan selamat dari pencurian dan jika ditulis pada kapal maka akan selamat dari tenggelam”.

وقال ابن عباس رضى الله عنهما خواص اسماء اهل الكهف تنفع لتسعة اشياء للطلب والهرب ولطفء الحريق تكتب على خرقة وترمى فى وسط النار تطفأ باذن الله ولبكاء الاطفال والحمى المثلثة وللصداع تشد على العضد الايمن ولام الصبيان وللركوب فى البر والبحر ولحفظ المال ولنماء العقل ونجاة الآثمين

Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhuma berkata :

khasiat nama-nama Ashabul kahfi itu bisa memberi manfaat pada 9 perkara :

  • untuk mencari barang hilang.
  • untuk melarikan diri.
  • untuk memadamkan kebakaran,yaitu ditulis dilembaran kertas / kain lalu lemparkan ditengah2 kebakaran maka api akan padam dengan izin Allah.
  • untuk mengatasi bayi yang menangis terus dan lagi panas badan untuk pereda sakit kepala,yaitu ditulis lalu diikatkan pada lengan bagian kanan.
  • untuk mengatasi gangguan jin terhadap bayi.
  • untuk keselamatan kendaran entah darat maupun laut.
  • untuk menjaga harta benda dan untuk mencerdaskan otak.
  • serta selamat dan tidak terjerumus dari orang-orang yang sering melakukan dosa besar.

PERTANYAANNYA?

SEBAGIAN ULAMA yg dimaksud itu siapa saja ya lik? Mohon dituliskan nama-namanya.

Dan benarkah Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma mengatakan nama ashabul kahfi memiliki khasiat tertentu? 

Apakah sanadnya muttashil (bersambung) pada perkataan Ibnu ‘Abbas?? Atau bahkan sampai kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam?

Mengingat nama-nama ashabul kahfi sendiri masih DIRAGUKAN ke-SHAHIHAN-nya oleh para ulama yg mu’tabar lho lik.

Mari kita cek di pembahasan kitab-kitab lain.
Dalam tafsir Quranil ‘Adzhim karya Al-Imam ibnu Katsir, contohnya. Di situ jelas sekali bahwa Al-Imam Ibnu Katsir masih MERAGUKAN KESHAHIHAN nama mereka itu. Jumlahnya 7 memang shahih dari ibnu ‘Abbas, tapi nama-nama mereka belum pasti kebenarannya.

Kemungkinan besar nama tersebut diambil dari kabar dan kisah-kisah para AHLI KITAB, bukan dari Ibnu ‘Abbas apalagi dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Jadi ya TIDAK pasti kbenarannya.

Coba ente baca tulisan yang sudah inyong garis bawahi di dalam foto kitabnya. Perkataan Ibnu Katsir ini dikuatkan juga dengan perkataan Ulama “aswaja” yang pakar hadits, yakni Al-Imam Ibnu Hajar Al-‘Asqolany -rahimahullah-.
Beliau mengomentari nama-nama ashabul kahfi dalam fathul bary:

وفي النطق بها اختلاف كثير، ولا يقع الوثوق من ضبطها بشيء

“Banyak perselisihan di dalam penyebutan (nama-nama ashabul kahfi), dan sama sekali tidak ada kepastian yg dapat dipercaya dalam kebenaran kisah tsb.”
(Fathul Bari cetakan Daru Thaybah jilid 8 hal.111)

Dalam Tafsir kontemporer karya fadhilatusy Syaikh Mutawally Asy-Sya’rawy juga dijelaskan bahwa ALLAH TIDAK MENERANGKAN KEPADA KITA berapa jumlah ashabul kahfi yang sebenarnya, ALLAH juga tidak menerangkan siapa nama-nama mulia Ashabul Kahfi itu…

ALLAH menyuruh kita MENINGGALKAN pembahasan tentang jumlah dan nama mereka, karena (kata syaikh Sya’rawy) jumlah dan nama mereka TIDAK ADA FAEDAH-nya untuk dibahas lebih lanjut.

Lik, jika nama mereka masih DIRAGUKAN keshahihannya, lalu khasiat dari nama-nama tsb diambil darimana?

Belum lagi penjelasan syaikh Sya’rawy menjadi SANGGAHAN KERAS terhadap anjuran yg menyuruh anak-anak kita MEMPELAJARI nama dan jumlah ashabul kahfi untuk “keselamatan”.

Bagaimana mau dipelajari? Bagaimana mau mendatangkan keselamatan?
Sedangkan nama mereka banyak versi yg berbeda-beda dan tidak ada yg pasti kebenarannya.

Jangankan nama orangnya, nama anjingnya juga banyak banget versinya…

Ada yg mengatakan nama anjingnya adalah QITHMIR. Al-Jubba-i mengatakan nama anjingnya adalah HAMRON, ada yg mengatakan QUTHMAIRUWA, dan masih banyak lg.

Klo fikiran kita objektif, insya Allah sampai di sini kita sudah bisa faham bahwa anjuran MENEMPEL nama-nama mereka untuk menangkal marabahaya adalah BUKAN bagian dari ajaran Islam…

Kenapa? karena tak ada sanad yg jelas.

Tapi kalo lik Cungkring masih berkilah dan ingin tetap mempertahankan bahwa “kaligrafi” qithmir itu tidak BAHAYA dan BOLEH-BOLEH saja, ya silahkan lik, tidak ada paksaan.

Inyong hanya mengembalikan perkataan Ibnul Mubarak yg pernah dicatut lik Cungkring:

الإسناد من الدين و لو لا الإسناد لقال من شاء ما شاء

“Isnad merupakan bagian dari AGAMA. dan sekiranya isnad itu tidak ada, niscaya siapa saja bisa leluasa berbicara apa yg dikehendakinya.”

Mengapa kaligrafinya dihancurkan?

Permasalahannya bukan hanya di nama-nama ashabul kahfi, jika kita lihat dengan seksama, di situ ada WAFAQ dan beberapa simbol sihir yg berkedok islami.

Contoh:
Outline merak melambangkan Melek Taus (“malaikat merak”).

Melek Taus adalah pembawa agama Yazidi. Melek Taus adalah “malaikat” yang menolak bersujud kepada Adam.
Ya, Melek Taus adalah Iblis.

Outline timbangan melambangkan Libra.
Libra dikendalikan oleh Venus.
Venus dalam budaya Barat juga dikenal sebagai “Bintang Fajar” atau “Morning Star”. Nama lainnya: Lucifer.

Tau siapa Lucifer lik? Lucifer adalah nama lain Iblis.

Maka inyong sarankan belajar semiotika dan simbolisme. minimal tau lik.

Insya Allah itu sangat berguna di zaman penuh fitnah ini.

Jimat yang seolah-olah islami karena berisi asmaul husna ini bagi orang yg faham pasti sudah bikin gerah banget karena simbolisme syaithani-nya padet banget.

Wal’iyyaadzu billah.

Mohon maaf jika referensi pagi ini kurang memuaskan. karena tulisan ini hanya sebagai CEMILAN pembuka untuk lilike semua.

Semoga bermanfaat dan semoga kita bisa meresapinya dengan baik.

Wallahu a’lam bish shawwab wa ilaihi al-marji’u wal ma-aab.

Arsyadaniyallahu wa iyyakum

Muhibbukum fillah

Baba Musyaffa Muhammad Faizar (Muasis Arsyada Al-Fattah Internasional).